Sabtu, 31 Desember 2011

Pesawat Kepresidenan Negara Mana Yang Paling Keren?

0

Jika para pejabat di Indonesia sedang sibuk memperdebatkan masalah PRO dan KONTRA tentang pembelian Pesawat Kepresidenan, Banyak Negara-negara maju di dunia yang memiliki pesawat-pesawat kepresidenan yang super mewah dan keren habis. Nggak percaya? yuk kita lihat...

Air Force One adalah pesawat kepresidenan Amerika Serikat (AS). Pesawat ini merupakan salah satu pesawat kepresidenan yang paling terkenal di dunia.

Sejak tahun 1990, armada kepresidenan terdiri atas 2 pesawat serial Boeing 747-200B terspesifikasi tinggi – kode ekor "28000" dan "29000" – dengan penunjukan "VC-25A". 

Hanya ada satu Air Force One yang diperuntukkan bagi presiden; jika WaPres terbang pesawat ini disebut sebagai Air Force Two. Kalau tidak maka akan dipanggil dengan nomornya, seperti pesawat lain.

Berikutnya adalah pesawat Kerajaan Inggris. Kendaraan udara untuk mengangkut keluarga kerajaan, Perdana Menteri (PM) dan para menterinya selama ini disediakan oleh Skuadron 32 Royal Air Force (RAF). 

Seperti Amerika, penggunaannya juga eksklusif dan dirawat oleh RAF yang merupakan angkatan udara negara tersebut.

Kepresidenan Rusia menggunakan dua pesawat Ilyushin I1-96-300PU yang dikelola Russia State Transport Company. 

Ilyushin adalah sebuah biro desain dan produsen pesawat Rusia, didirikan oleh Sergey Vladimirovich Ilyushin. Ilyushin didirikan di bawah Uni Soviet.

Setidaknya salah satu diantaranya dimodifikasi menjadi super mewah untuk kendaraan VIP oleh perusahaan Inggris, seharga 10 juta poundsterling.

Jepang memiliki dua Boeing 747-400 dengan nomor 20-1101 dan 20-1102 yang dikelola Japan Air Self-Defense, yang juga merupakan pasukan udara bersenjata dari Pasukan Bela Diri Jepang. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Japan Air Self-Defense Force, atau disingkat JASDF.

Pesawat ini digunakan secara eksklusif oleh PM, serta kaisar, permaisuri dan keluarga. Secara resmi, pesawat-pesawat ini disebut seifu-senyo-ki atau Japanese Air Force One dan Japanese Air Force Two.

Untuk Kepresidenan Kanada, terdapat sebuah armada yang terdiri dari lima Airbus A310-300 (CC-150 Polaris) dan empat B.Challenger 604 (CC-144) yang diterbangkan kru 437 Transport Squadron. 

Kelima pesawat ini digunakan oleh Perdana Menteri (PM), keluarga kerajaan dan gubernur jenderal Kanada.

Kemudian Australia menggunakan dua jet bisnis Boeing 737 dan tiga Challenger 604. Pesawat-pesawat itu dikelola Royal Australian Air Force yang juga merupakan angkatan udara Australia. 

Pesawat-pesawat ini digunakan untuk kepentingan untuk gubernur jendral, PM dan Menteri Luar Negeri baik di dalam maupun ke luar negeri.

Sementara itu Indonesia untuk berbagai keperluan perjalanan dinas Presiden dan Stafnya menggunakan pesawat yang disewa dari Garuda Indonesia. Garuda Indonesia sendiri merupakan maskapai penerbangan nasional dan internasional milik negara.

Beberapa waktu lalu muncul ide untuk membeli pesawat khusus yang diperuntukkan untuk memfasilitasi seluruh perjalanan dinas presiden. Tetapi sampai saat ini masih terjadi pro dan kontra untuk pembelian tersebut.

Mungkin cukup ini dulu ya, kalau ada lain silahkan bantu tambahin lewat coment....

0 komentar:

Posting Komentar